CONTOH- CONTOH KUESIONER MENGGUNAKAN SKALA
- 1. SKALA LIKERT
Setiap butir terdiri atas satu pernyataan, boleh berbentuk positif, dan boleh juga berbentuk negatif.
Untuk setiap pernyataan, responden memilih salah satu tanggapan berupa
SS = sangat setuju
S = setuju
R = ragu
TS = tidak setuju
STS = sangat tidak setuju
Tanggapan responden dikodekan ke dalam bilangan dari 1 sampai 5
Contoh
Kuesioner sikap skala Likert tentang Pendidikan
Tuliskan A, B, C, D, atau E, untuik
A = sangat setuju
B = setuju
C = ragu
D = tidak setuju
E = sangat tidak setuju
[dikutib dari University of Minnesota]
______ orang akan belajar lebih banyak me-
lalui bekerja empat tahun daripada ber-
sekolah di SMU/SMA
______ lebih banyak pendidikan orang, lebih
banyak ia menikmati hidup
_________ pendidikan membantu orang untuk
menggunakan waktu senggangnya
bagi keuntungan yang lebih besar
_________ bagi seseorang, pendidikan yang baik
adalah kesenangan yang besar di luar
pekerjaannya
_________ hanya mata pelajaran membaca, menu-
lis, dan berhitung yang perlu diajarkan
di sekolah dengan menggunakan uang
rakyat
_________ pada saat ini, pendidikan tidak memban-
tu orang dalam pemerolehan pekerjaan
_________ kebanyakan orang muda memperoleh
terlalu banyak pendidikan.
- 2. SKALA THURSTONE
Alat ukur terdiri atas sejumlah butir
– Setiap butir memiliki nilai butir yang terletak di antara 1 sampai 11 serta memiliki kualitas butir melalui jarak interkuartil.
Perangkat kuesioner disusun dengan memilih butir agar jarak di antara nilai butir adalah sama atau kira-kira sama (level interval)
- Mis. 1,7 2,2 2,7 3,2 …
Nilai butir tidak diketahui oleh responden
Responden hanya mencentang butir yang disetujuinya (dan membiarkan butir yang tidak disetujuinya)
Contoh
Kuesioner sikap skala Thurstone tentang kelas terbuka
[dikutib dari Mueller]
Berika tanda centang pada butir yang isinya disetujui
________ ruang kelas terbuka menjurus ke kena-
kalan anak
________ saya tidak mau anak saya masuk ke
sekolah dengan ruang kelas terbuka
________ anak yang belajar di ruang kelas terbuka
menjadi lebih kreatif
________ ruang kelas terbuka terlalu tidak berdisi-
plin untuk mencapai hasil belajar yang
maksimum
- 3. SKALA SEMANTIK DIFERENSIAL
Memilih satu letak di antara dua hal yang berlawanan.
Contoh
Pada pelajaran psikometrika, beri tanda centang di tempat yang sesuai dengan perasaan anda
Sulit ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ Mudah
1 2 3 4 5 6 7
Menarik ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ Menjemukan
1 2 3 4 5 6 7
Penting ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ Sambilan
1 2 3 4 5 6 7
Sedikit ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ Banyak
1 2 3 4 5 6 7
Teoretis ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ Praktis
1 2 3 4 5 6 7
Cepat ___ ___ ___ ___ ___ ___ ___ Lambat
1 2 3 4 5 6 7
Tidak ada komentar:
Posting Komentar